Produksi Beras Kabupaten Cirebon Surplus 100 Ribu Ton Per Tahun

Petani memanen padi di areal sawah desa Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu, 20 Maret 2021/ Antara (Dedhez Anggara) Petani memanen padi di areal sawah desa Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu, 20 Maret 2021/ Antara (Dedhez Anggara)

Dadali: Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mencatat produksi beras di daerah mengalami surplus setiap tahunnya. Rata-rata surplus mencapai 100 ribu ton per tahun.
 
"Kalau untuk produksi beras kita setiap tahunnya dipastikan surplus," kata Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Wasman, di Cirebon, Senin, 22 Maret 2021, seperti dilansir dari Antara.

Wasman mengatakan, pada 2020, produksi beras di Kabupaten Cirebon sebesar 372 ribu ton dari luas lahan pertanian 90.778 hektare. Sedangkan, asumsi konsumsi beras per kapita Kabupaten Cirebon dengan penduduk 2,2 juta jiwa rata-rata 115 kilogram per tahun.

Jika produksi beras pada 2020 dibandingkan dengan asumsi konsumsi beras per kapita di Kabupaten Cirebon, maka Cirebon mengalami surplus sebesar 102 ribu ton beras.

Surplus beras di Kabupaten Cirebon, lanjutnya, tidak hanya terjadi pada 2020. Surplus beras hampir terjadi setiap tahun.

"Rerata produksi kita surplus di angka 90 ribu sampai 100 ribu ton," jelas Wasman.
 
Dia menambahkan produksi beras pada 2021 diprediksi kembali mengalami surplus, mengingat cuaca pada tahun ini cukup baik. Meski, ada beberapa daerah yang harus menanam ulang karena terendam banjir.
 
"Tapi secara keseluruhan, produksi beras di Kabupaten Cirebon akan kembali surplus," ujar Wasman.



(CIA)

Berita Terkait