Cuaca Ekstrem, Jabar Terancam Bayang-bayang Karhutla

Gambar pantauan efek El Nino. BMKG NNTB Gambar pantauan efek El Nino. BMKG NNTB

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terhadap beberapa wilayah di Indonesia akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Selasa, 19 September 2023.

Jawa Barat termasuk wilayah yang berpotensi mengalami perubahan cuaca tersebut meski saat ini Indonesia maish memasuki musim kemarau. Penyebab utama dari ketidakstabilan cuaca adalah dampak fenomena El Nino.

Selain Jawa Barat, ada juga wilayah di Indonesia yang berpotensi karhutla, antara lain Jambi, Sumatra Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Kaliman Selatan.

BMKG mengimbau masyarakat agar memiliki kesadaran untuk tidak melakukan aktivitas yang dianggap menimbulkan kebakaran hutan. Semua pihak diharapkan bekerja sama.

Di sisi lain, hujan lebat disertai petir mengintai wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

Angin kencang hingga kecepatan di atas 45 kilometer per jam menghantui wilayah Aceh, Sumatra Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Papua.

(SUR)

Berita Terkait