Keren! Siswa SMKN 1 Kota Cirebon Berhasil Rancang Rumah Pintar

Siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Cirebon, yang yang berada di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah X Jawa Barat, berhasil menciptakan produk Siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Cirebon, yang yang berada di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah X Jawa Barat, berhasil menciptakan produk "smart home" atau rumah pintar, saat ini konsep smart home dewasa ini me

Dadali.id: Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Cirebon berhasil merancang rumah pintar (smart home) berupa inovasi perangkat teknologi yang terintegrasi. 

Rumah pintar tersebut menggunakan pendekatan Internet of Things (IoT) yang mampu menghadirkan sistem pengaturan rumah secara otomatis yang dapat beroperasi dari jarak jauh lewat internet menggunakan perangkat pintar.

"Jadi seperti listrik AC, panel pintu, hingga CCTV (Closed Circuit Television) semua bisa diatur melalui handphone kita," kata Kepala SMKN 1 Kota Cirebon, Arifuddin, dikutip dari Antara, 18 November 2022.

"Jadi walaupun kita berada jauh dari rumah misalnya di luar kota, terus lupa menutup dan mengunci pintu, kita bisa melakukannya dari jauh," lanjutnya.

Meski banyak produk smart home dari industri besar yang menguasai pasar, Arifuddin optimis produk smart home yang dirancang oleh murid-muridnya punya kualitas yang tak kalah saing.

Menurut dia, saat ini banyak ditemukan produk smart home dari kalangan industri yang dijual secara masal, namun punya beberapa kelemahan, salah satunya rawan diretas.

"Berbeda dengan produk kami, karena memiliki server IoT sendiri jadi lebih aman. Kita juga membuat secara costum sesuai dengan yang diinginkan oleh yang memesan, jadi kalau soal harga bisa lebih murah dari yang dijual di pasaran," katanya.



(SUR)

Berita Terkait