Siap-Siap! Fitur Battery Health Bakal Jadi Standar Android

Ilustrasi logo Android. (ANTARA/HO/situs web Android Developers) Ilustrasi logo Android. (ANTARA/HO/situs web Android Developers)

Jakarta: Pengguna Android bakal semakin dimanjakan fitur yang bakal dikeluarkan untuk Android versi 14. Salah satunya, menghadirkan fitur battery health ke semua perangkat ketika versi finalnya dirilis.

Mantan EIC XDA-Developers Mishaal Rahman mengungkapkan Google menambahkan beberapa API Battery Manager baru ke Android 14 beta. Salah satunya di antaranya adalah API publik.

Teknologi itu digunakan untuk memberikan informasi tentang jumlah siklus dan status pengisian daya. Sementara itu,  sisanya adalah API sistem yang melaporkan tanggal pembuatan perangkat, tanggal penggunaan pertama, kebijakan pengisian daya, dan kondisi kesehatan baterai.

Rahman melaporkan bahwa aplikasi apa pun dengan izin “BATTERY_STATS” dapat memanggil API sistem ini. Namun, itu hanya tersedia pada perangkat Pixel yang menjalankan Android 14 Beta 2 atau lebih tinggi.

Pengembang Narek juga membuat aplikasi bernama Batt yang menggunakan API baru untuk melaporkan kesehatan baterai ponsel cerdas dan siklus pengisian daya. Pengguna bisa mengunduhnya dari GitLab dan mencobanya di perangkat jika menjalankan Android 14.

Namun, keakuratan data yang dibagikan aplikasi tidak dapat dijamin karena melaporkan apa yang dikembalikan API dan statistik tersebut bergantung pada informasi yang dilacak IC pengisian daya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Editing Video Android Terbaik 2023



(SUR)

Berita Terkait