Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Bandung Meroket

Ilustrasi cabai di pasar tradisional. Medcom.id/ Roni Kurniawan Ilustrasi cabai di pasar tradisional. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Dadali: Harga cabai rawit di Kota Bandung, Jawa Barat, melonjak hingga dua kali lipat dari harga normal. Saat ini tercatat harga cabai menyentuh Rp100 ribu per kilogram dari  Rp30 ribu hingga Rp40 ribu pada pekan lalu.
 
"Ada beberapa komoditas yang harganya naik rata-rata tapi yang lain stabil. Suplai barang sebetulnya cukup stoknya aman. Seperti cabai sekarang sudah mencapai Rp100 ribu per kilo," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, usai meninjau Pasar Kosambi Bandung, dilansir Medcom.id, Kamis, 23 Desember 2021.
 
Yana menyebut akan melakukan koordinasi tim internal untuk penanganan harga kebutuhan bahan pangan tersebut. Sementara itu, harga telur ayam juga sudah menyentuh Rp31 ribu per kilogram. Padahal, harga eceran tertinggi (HET) dari pemerintah pusat sebesar Rp24 ribu.
 
Yana langsung mengkoordinasikan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyiapkan sejumlah skema penanganan. Terutama untuk mengantisipasi lonjakan harga sejumlah komoditas jelang libur Natal dan tahun baru (nataru).

Baca juga: Gelo Euy! Cabai di Cianjur Tembus Rp100 Ribu Per Kilo Jelang Nataru

"Tapi kalau dilihat ini sebenarnya bukan karena kekurangan pasokan, karena pasokannya normal dan cukup. Memang dari hulunya saja. Tapi nanti di internal akan berupaya membantu menurunkan harga," jelasnya.
 
Yana mengaku pihaknya akan mencoba untuk menyisir program Buruan Sae (Sehat Alami Ekonomis) untuk menambah pasokan kebutuhan bahan pangan termasuk cabe rawit.
 
"Karena seperti cabe ada Buruan Sae Jadi kalau ada cabe menghasilkan cukup banyak lalu jika ada yang bisa panen, mungkin bisa operasi pasar. Bisa menurunkan harga-harga," ujarnya.
 
Selain itu, Yana juga akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Mengingat informasi dari sejumlah pedagang menyebutkan kenaikan karena harga dari level pemasok besar yang sudah naik.



(NAI)

Berita Terkait