BMKG Minta Warga Bekasi Waspada Potensi Puting Beliung

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi Muhammad Said memberikan pengarahan saat simulasi tanggap bencana di Kalimalang Cikarang Pusat. Foto: Antara/Pradita Kurniawan Syah Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi Muhammad Said memberikan pengarahan saat simulasi tanggap bencana di Kalimalang Cikarang Pusat. Foto: Antara/Pradita Kurniawan Syah

Bekasi: Warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, diminta waspada dengan potensi angin puting beliung besar. Saat ini, potensi cuaca ekstrem itu ditandai hujan deras disertai angin kencang.

"Potensi puting beliung masih ada. Berdasarkan prakiraan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) memang untuk wilayah Kabupaten Bekasi, hujan sedang hingga deras disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Babelan dan Tambun Selatan," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, dilansir dari Antara, Kamis, 24 Maret 2022.

Said mengatakan potensi puting beliung merupakan dampak hujan dan angin kencang. Menurutnya, potensi hujan dengan angin kencang terjadi akibat peralihan musim hujan menuju kemarau.

Baca: Aktivitas Gempa Naik Sepekan Terakhir, BMKG Imbau Warga Tak Panik

"Untuk puncak musim penghujan sudah lewat, Bulan Februari dan Maret 2022 ini. Sepertinya hujan dan angin kencang karena peralihan musim," ujar dia.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan bersiaga dengan potensi hujan disertai angin kencang yang masih tersisa. Termasuk potensi puting beliung.

"Cuaca ekstrem ini diperkirakan berakhir bulan Mei. Kita berharap pada masyarakat untuk tetap waspada pada kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita harapkan," pungkas dia.



(UWA)

Berita Terkait