Antisipasi Banjir, Wali Kota Bekasi Sidak Sungai Bong Menuju BKT

Ilustrasi-- Dua warga menerobos genangan air di Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Fakhri Hermansyah) Ilustrasi-- Dua warga menerobos genangan air di Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Fakhri Hermansyah)

Dadali: Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) antisipasi banjir di aliran Sungai Bong menuju Banjir Kanal Timur (BKT), Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat. Sidak dilakukan lantaran gencarnya desakan agar pemerintah melakukan pembenahan jelang musim hujan dari warga sekitar. 

Bahkan, muncul permohonan berupa spanduk yang bertuliskan 'Darurat!!! Awas Banjir, kepada Pemkot untuk gorong-gorong di sini mampet mohon segera dibersihkan'. Spanduk itu membentang dari area ruko Grand Prima Bintara dekat pintu air menuju gorong-gorong BKT. Effendi menegaskan pihaknya akan segera melakukan koordinasi pembersihan kali dan gorong-gorong itu.

"Hal wajar warga mengadu ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dan menyampaikan keluhannya sehingga memang harus secepatnya dikerjakan mengingat sudah masuk musim hujan. Semoga dengan pembersihan gorong-gorong bisa meminimalkan banjir yang terjadi pada 2020 lalu," katanya, seperti dilansir dari Medcom.id, Rabu, 27 Oktober 2021.

Baca juga: Stok Kosong, Simeulue Minta Dikirim Tambahan Vaksin Covid-19

Dari hasil sidak diketahui warga berharap adanya pembersihan gorong-gorong sungai bong. Hal itu merupakan upaya antisipasi banjir pada saat hujan datang.
 
Wali Kota pun menginstruksikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Bina Marga dan Sumber Daya Air (UPTD BMSDA) dan camat serta lurah agar melakukan koordinasi mengenai pembersihan area tersebut. Menurutnya, warga khawatir kejadian banjir seperti tahun lalu terulang.
 
Pada 2020, area tersebut banjir sangat besar apalagi dalam kawasan gorong-gorong. "Gorong-gorong banyak sampah sehingga bisa menahan aliran air," tambah Effendi.
 
Sejauh ini, Kelurahan Bintara selalu konsisten bersama BMSDA dalam menyelesaikan permasalahan Kali Bong menuju BKT. Di antaranya melakukan langkah-langkah pembersihan gorong-gorong agar air dapat mengalir dengan deras menuju BKT.



(RAO)

Berita Terkait