Tips Sembuhkan 'Stres' Mata Akibat Terlalu Sering Melihat Layar

Ilustrasi Stres Mata-Pexels Ilustrasi Stres Mata-Pexels

Dadali: Perubahan aktivitas akibat pandemi saat ini membuat banyak dari kita menghabiskan waktu di depan layar komputer atau gawai lebih lama. Kebiasaan menatap layar gawai selama berjam-jam dapat memicu stres mata dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Tidak hanya kita sebagai manusia, ternyata organ seperti mata juga dapat stres. Menatap layar komputer dan gadget lainnya merupakan beberapa kegiatan yang bisa menyebabkan Anda mengalami mata pegal dan berujung pada stres mata.

Stres mata dapat membuat mata terasa kering, nyeri, berair, perih, panas, dan gatal, bahkan bisa membuat mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya atau mudah silau. Selain itu, stres mata bisa juga disertai dengan penglihatan ganda atau buram.

Baca juga: Mengapa Mata Manusia Terbuka Saat Sakaratul Maut?

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tips untuk merelaksasi mata Anda akibat terlalu sering melihat layar:

1. Istirahatkan dan lakukan ‘peregangan’ mata

Untuk yang pertama sangat penting dan mudah, jika sedang melakukan pekerjaan di depan layar, alihkan pandangan Anda tiap 20 menit ke objek lain yang jaraknya jauh. Tatap objek tersebut selama 20 detik, lalu lanjutkan pekerjaan. Selanjutnya, setiap dua jam sekali, istirahatkan mata Anda selama 15 menit.

2. Atur jarak

Selanjutnya Anda harus memastikan jarak layar laptop, komputer, gawai, setidaknya 60 sentimeter dari mata. Walau terdengar mudah namun kita sering abai dalam melakukannya.

3. Atur pencahayaan

Pastikan cahaya layar laptop, komputer, atau gadget Anda tidak jauh lebih terang dibandingkan cahaya di ruangan, sebab mata akan bekerja lebih keras untuk melihat.

Oleh karena itu, pastikan ruang kerja atau kamar Anda memiliki pencahayaan yang cukup untuk beraktivitas, tidak terlalu terang atau gelap.

4. Gunakan filter layar

Lebih baik jika Anda menambahkan filter pada layar laptop atau komputer, agar mata tidak terlalu lama terpapar sinar biru yang bisa menyebabkan stres mata.

5.Gunakan obat tetes mata

Jika dirasa sudah terlalu lelah dan nyeri segera gunakan obat tetes mata untuk meredakannya. Sebaiknya tetap rutin gunakan obat tetes mata meskipun mata terasa baik-baik saja. Cara tersebut guna menjaga mata agar tetap terlumasi dengan baik dan mencegah kambuhnya gejala mata stres.

 



(NAI)

Berita Terkait