Selalu Lapar Tiap Habis Makan? Kamu Perlu Baca Ini!

Kenyang stabil seharian tanpa nahan lapar sama sekali. Foto: Youtube/Yulia Baltschun Kenyang stabil seharian tanpa nahan lapar sama sekali. Foto: Youtube/Yulia Baltschun

Dadali: Pada dasarnya setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, namun tidak sedikit orang yang kesulitan menahannya. Hal ini dipengaruhi oleh metabolisme tubuh dan aktivitas yang dikerjakan sehari-hari. 

Certified Fitness and Diet Specialist, Yulia Baltschun, dengan senang hati berbagi tips agar nafsu makan dapat terkendali. Namun terdapat dua poin yang perlu diperhatikan.

"Pertama jangan pernah menganggap nafsu makan adalah hal yang buruk, kemudian yang kedua menstabilkan nafsu makan itu berbeda dengan menahan rasa lapar," kata Yulia melalui unggahan videonya di Youtube.

Berikut tiga tips dari Yulia untuk menahan nafsu makan yang berlebihan:

Penuhi kebutuhan protein dan lemak

Menjaga kebutuhan protein dan lemak dapat mengubah nafsu makan jauh lebih stabil. Menurut British Journal of Nutrition, orang yang memiliki keseimbangan protein dan lemak akan memiliki metabolisme yang baik sehingga memberikan efek kenyang yang lebih lama dan stabil.

Perbaiki pola tidur

Menurut hasil penelitian, orang yang kekurangan tidur maka berpotensi menambah lemak tubuh sekitar 124 persen. Sedangkan orang yang kelebihan tidur, akan menambah lemak sekitar 94 persen.

"Selain jam tidur, kualitas, serta aktivitas sebelum dan sesudah tidur juga memengaruhi proses tubuh, hormon, dan nafsu makan," ujar Yulia.

Pola minum juga harus diperhatikan

Minum banyak air juga tidak menjadi solusi hilangnya rasa lapar. Lebih jauh lagi Yulia mengatakan tubuh itu pintar, karena dia akan mengirim sinyal lapar palsu ketika manusia kekurangan cairan. Sehingga nafsu makan bisa tidak terkendali akibat dehidrasi.

Sumber:
https://www.cambridge.org/core/journals/british-journal-of-nutrition/article/dietary-protein-its-role-in-satiety-energetics-weight-loss-and-health/CCA49F7254E34FF25FD08A78A05DECD7



(RAO)

Berita Terkait