Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina Senilai Rp7 Miliar

Bola api dari serangan udara Israel di jalur Gaza pada Senin dini hari, 17 Mei 2021. Anas Baba/AFP Bola api dari serangan udara Israel di jalur Gaza pada Senin dini hari, 17 Mei 2021. Anas Baba/AFP

Dadali: Pemerintah Indonesia berencana kirim bantuan kemanusiaan kepada Palestina. Total bantuan yang diserahkan bernilai US$500 ribu atau setara Rp7,14 miliar (kurs US$1=Rp14.200)
 
"Kita juga akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada Palestina sebesar US$500 ribu," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Febrian Alphyanto Ruddyard dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Mei 2021, melansir Medcom.id.
 
Bantuan ini disalurkan melalui Palang Merah Internasional. Febrian mengatakan Indonesia rutin mengirim bantuan kemanusiaan ke Palestina. Selama dua tahun terakhir, total bantuan kemanusiaan yang diserahkan berjumlah US$2 juta.

Baca juga: Ketua MPR: Indonesia Perlu Proaktif Desak Israel Hentikan Serangan di Gaza

Pada 2019, Indonesia menyerahkan bantuan kemanusiaan sebesar US$1 juta kepada pengungsi Palestina di Jerash Camp. Bantuan disalurkan melalui United Nations Relief and Works Agency (UNRWA).
 
Jumlah bantuan serupa juga disalurkan melalu UNRWA pada 2020. Bantuan dikhususkan terhadap penanganan covid-19 dan kemanusiaan.  
 
Selain bantuan kemanusiaan, Indonesia membantu memberikan pelatihan kepada pemerintah Palestina. Pelatihan dilaksanakan pada 2019.

"Pelatihan pada bidang makro dan entrepreneurship," ujar dia. (Anggi Tondi Martaon)



(CIA)

Berita Terkait