Hiu Paus Tutul Sepanjang 7 Meter Ditemukan Warga Cianjur

Warga di pesisir pantai selatan Cianjur, Jawa Barat, menemukan hiu paus tutul terdampar dalam kondisi mati, sehingga warga memotong dagingnya untuk di konsumsi, Jumat (8/9/2023).(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri) Warga di pesisir pantai selatan Cianjur, Jawa Barat, menemukan hiu paus tutul terdampar dalam kondisi mati, sehingga warga memotong dagingnya untuk di konsumsi, Jumat (8/9/2023).(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

Cianjur: Seekor hiu paus tutul ditemukan warga pesisir pantai selatan Cianjur, Jawa Barat, yang memiliki panjang 7 meter dengan berat lebih dari 2 ton terdampar di pinggir pantai. Kemudian, warga memotong dan memakan daging hiu paus tutul tersebut.

"Kami mendapat laporan ada hiu tutul yang terdampar dari laporan aparat desa setempat, langsung menuju ke lokasi, namun sebagian besar daging dari ikan besar tersebut sudah dipotong warga untuk dikonsumsi," ucap Camat Sindangbarang Yudi Adi Nugroho, dikutip dari Antara News, Sabtu, 9 Agustus 2023.

Tindakan warga yang memotong dan memakan daging hiu paus tutul tidak dapat dicegah oleh Yudi, karena hal ini merupakan kebiasaan dari warga tersebut. Bahkan, tulang dan belulangnya juga dimanfaatkan oleh warga untuk kerajinan tangan atau pajangan.

Yudi menjelaskan penemuan hiu paus tutul yang terdampar ini merupakan yang kedua kalinya setelah penemuan pertama di tahun 2021. Setelah dua tahun berlalu, warga kembali menemukan hiu paus tutul terdampar dalam kondisi mati dan melakukan tindakan yang sama.

"Kalau informasi warga setelah dua tahun yang lalu, warga kembali menemukan hiu paus tutul terdampar dalam kondisi sudah mati. Sehingga warga beramai-ramai memotong dagingnya untuk dikonsumsi, termasuk mengambil tulangnya untuk diolah menjadi kerajinan tangan," kata Yudi.

Berdasarkan informasi warga sekitar menyebutkan bahwa hiu paus tutul sepanjang 7 meter dan berat lebih dari 2 ton tersebut pertama kali ditemukan oleh beberapa orang nelayan yang ingin pergi melaut. Mereka segera memberitahukan penemuan tersebut kepada warga lainnya yang membuat mereka beramai-ramai datang ke tepi pantai untuk mengambil daging ikan yang jarang sekali ditemukan di perairan pantai selatan Cianjur. Beberapa warga bahkan ada yang datang hanya untuk berfoto bersama mamalia laut yang bernafas melalui insangnya.

"Kami dapat informasi dari nelayan yang hendak pergi melaut pagi hari, mendengar kabar tersebut kami langsung mendatangi pinggir pantai untuk mendapatkan daging ikan paus yang sangat jarang terdampar di pantai selatan Cianjur," kata warga Kecamatan Sindangbarang Rusamana, dikutip dari Antara News, Sabtu, 9 Agustus 2023.



(SUR)

Berita Terkait