Pemerintah Ingin Lebih Fokus Turunkan Kasus Aktif Hingga Kematian Akibat Covid-19

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyampaikan target pemerintah dalam menangani virus korona. Sejumlah pemetaan jalan telah dibuat demi mewujudkan target tersebut.

"Fokus pemerintah ke depan mengurangi angka kematian hingga kurang dari dua persen, kasus aktif kurang dari 100 ribu kasus, dan angka kasus positif kurang dari lima persen," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam keterangan tertulis, Jumat, 17 September 2021.

Melansir dari Medcom.id, Wiku mengatakan target dapat terealisasi lewat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kebijakan itu menjadi langkah jitu agar masyarakat terhindar dari covid-19.

"Peta jalan ini tidak hanya dibuat untuk menekan penularan covid-19, tapi juga mendorong produktivitas masyarakat yang terkendali," ujar dia.

Baca: Menkominfo: Patuhi Protokol Kesehatan Niscaya Level PPKM Membaik

Selain itu, vaksinasi juga perlu digalakkan sebagai pilar pengendalian covid-19 di Tanah Air. Hal itu dipertegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadikan cakupan vaksinasi per daerah sebagai syarat penurunan level PPKM.

"Syarat ini juga dalam rangka meningkatkan capaian vaksinasi nasional yang saat ini telah melampaui 24 persen dari target yang ditetapkan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)," papar Wiku.

Sedangkan pemerintah pusat juga perlu menggaet berbagai elemen untuk megawasi distribusi vaksin ke pelosok daerah. Mulai dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), TNI, hingga Polri. (Theofilus Ifan Sucipto)
 



(RAO)

Berita Terkait