Atlet Renang Asal Bekasi Targetkan 12 Emas pada Porprov Jabar XVI

Perenang andalan pada Porprov XIV/2022 Kabupaten Bekasi, Aflah Fadlan Prawira (kanan) berpose golok yang menjadi simbol daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat di Cikarang, Sabtu (29/10/2022). (FOTO ANTARA/Pradita Kurniawan Syah). Perenang andalan pada Porprov XIV/2022 Kabupaten Bekasi, Aflah Fadlan Prawira (kanan) berpose golok yang menjadi simbol daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat di Cikarang, Sabtu (29/10/2022). (FOTO ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV akan diselenggarakan di Kabupaten Garut pada 12-19 November 2022. Salah satu atlet dari cabang olahraga (cabor) renang  kontingen Kabupaten Bekasi, Aflah Fadlan Prawira, menargetkan mampu meraih 10 medali emas pada kompetisi tersebut.

"Target sih sebanyak-banyaknya, 10 atau 12 emas, Insya Allah bisa melebihi capaian delapan medali emas pada Porprov Jabar sebelumnya," kata Aflah, dikutip dari Antara, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Dia menyebut persaingan di cabor renang sangat sengit. Nantinya Aflah berhadapan dengan para atlet nasional. Meski begitu, dia berharap dapat memberi hasil yang terbaik untuk membanggakan daerahnya.

"Istilahnya seperti mini PON, lawan yang dihadapi merupakan lawan di PON, banyak atlet pelatnas (pelatihan nasional) juga yang membela daerah lain, ada dari Bogor, Bandung, dari kita juga. Mudah-mudahan yang terbaik untuk Kabupaten Bekasi," katanya.

Pada Porprov Jawa Barat XIV Fadlan akan turun di total 16 nomor. Di antaranya satu nomor Open Water Swimming (OWS) atau renang perairan terbuka 4.000 meter, 12 nomor kolam perorangan, serta tiga nomor estafet beregu.

Dia mengaku telah mempersiapkan kompetisi tersebut dengan  matang, yakni dengan melaksanakan pemusatan latihan di daerah maupun nasional. Aflah merasa optimistis dapat mencapai target yang ditentukannya. 

"Tinggal bagaimana kondisi kolamnya nanti, karena kolam baru ya di Garut nanti. Mudah-mudahan kolam itu mendukung untuk hasil yang bagus karena kondisi kolam juga sangat menentukan," tuturnya.

Dia berharap dirinya dapat beradaptasi dengan venue pertandingan. “Saya juga turun di nomor laut, beda venue beda situasi ya, mudah-mudahan ada waktu buat aklimatisasi juga, biar dapat hasil terbaik,” ungkapnya.

Sementara Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Bekasi, Wanto mengatakan 25 perenang dipersiapkan untuk dapat memenuhi target di ajang Porprov XIV Jabar 2022. Pihaknya menargetkan 20 emas pada kompetisi tersebut. 

"Renang memang menjadi salah satu lumbung medali untuk Kabupaten Bekasi," kata Wanto.

Dia mengatakan ke-25 perenang binaan KONI Kabupaten Bekasi itu akan terjun di total 42 nomor yang dipertandingkan dengan komposisi gabungan perenang andalan daerah dan atlet usia muda. Dia berharap semua atlet, baik senior maupun junior mampu tampil maksimal. 

"Semoga nanti tidak hanya atlet senior saja yang mampu mendulang medali tapi juga para atlet muda sehingga bisa mempertahankan tradisi juara. Kebetulan banyak juga atlet-atlet muda kami yang memilik catatan waktu bagus," ujarnya.

Adapun sejumlah perenang andalan Kabupaten Bekasi yang dipersiapkan untuk berlaga pada Porprov XIV Jabar 2022 antara lain Yuliana Megiwong, Maria Lipona, dan Petra Sapta.

Kemudian Rian Puspa Melati, Dinda Cahya Rembulan, Maharani Sekar, Aflah Fadlan Prawira, Muhamad Fahri, Ahmad Erik Fatoni, Reza Bayu, serta Aji, demikian Wanto.

BACA: Waduh! Atlet Angkat Besi Asal Jabar Terbukti Positif Doping Pada PON 2021

 



(UWA)

Berita Terkait