Anies Jamin Kebebasan Berpendapat: Wakanda No More, Indonesia Forever

Calon Presiden Nomor Urut 01, Anies Baswedan, dalam debat Pilpres 2024. DOK YouTube Calon Presiden Nomor Urut 01, Anies Baswedan, dalam debat Pilpres 2024. DOK YouTube
Anies Baswedan, Calon Presiden Nomor Urut 01, menyatakan dirinya bersama calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar,akan memastikan kebebasan berpendapat di Indonesia jika terpilih memimpin negara. 
 
Anies menegaskan komitmennya untuk mengakhiri ketakutan rakyat dalam menyuarakan pendapat.

"Saya sampaikan, Wakanda no more, Indonesia forever," ucap Anies dalam debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Istilah "Wakanda" sering digunakan sebagai pengganti untuk menyampaikan kritik terhadap kondisi Indonesia saat ini. Anies meyakini  rakyat dan semua pihak ingin melihat korupsi dihapuskan sepenuhnya, sambil memastikan pemerintah memberikan pelayanan yang merata bagi seluruh rakyat.

"Serta menjunjung tinggi etika," tambah Anies.

Anies berpendapat bahwa saat ini Indonesia berada pada persimpangan antara menjadi negara hukum atau negara kekuasaan. Tujuannya, untuk mengembalikan Indonesia menjadi negara yang berlandaskan pada prinsip negara hukum.

Anies juga menekankan pentingnya calon pemimpin untuk menjunjung tinggi etika, sehingga ketika terjadi pelanggaran etika, tidak ada upaya untuk menyembunyikannya di balik keputusan hukum.

"Bahwa tugas dari pimpinan tertinggi memberi contoh, ketika ada pelanggaran etika , maka itu adalah mendasar,"  tegas Anies.


(SUR)

Berita Terkait