Warga Terdampak Gempa Cianjur Inisiatif Dirikan Tenda Khusus buat Pasutri

Warga di Desa Pasir Goong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berinisiatif mendirikan tempat khusus yang diperuntukan bagi aktivitas pasangan suami istri, yang diberi nama Warga di Desa Pasir Goong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berinisiatif mendirikan tempat khusus yang diperuntukan bagi aktivitas pasangan suami istri, yang diberi nama "tenda sakinah". (ANTARA/Ajat Sudrajat)

Dadali.id: Warga di Desa Pasir Goong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berinisiatif mendirikan tenda yang dikhususkan untuk aktivitas pasangan suami istri (pasutri). Tenda khusus itu diberi nama "Tenda Sakinah".

Sang penggagas, Feri R Firdaus, mengatakan tenda sakinah ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan biologis suami istri yang terganggu akibat gempa bumi. Ide mendirikan tenda sakinah ini berawal ketika ada salah seorang warga Desa Pasir Goong yang pulang kampung seusai merantau kerja selama dua bulan bertepatan dengan terjadinya gempa bumi di Cianjur. 

Rumah warga tersebut rusak akibat gempa sehingga harus mengungsi di tenda yang didirikan di lapangan desa. "Nah warga ini, kan dia hampir dua bulan kerja di luar, ninggalin istri, niatnya melepas rasa rindu sama istri setelah dua bulan merantau kerja. Tapi apa daya, terjadi gempa," kata Feri dikutip dari Antara, Senin, 12 Desember 2022.

Mendapatkan keluh kesah dari warga tersebut, akhirnya Feri berinisiatif mendirikan sebuah tenda milik anggota Pramuka yang muat untuk tiga hingga empat orang. Feri mengaku pada awal didirikan, keberadaan tenda sakinah ini sempat menjadi pertentangan sejumlah warga karena dianggap hal yang tabu.

Namun, seiring berjalannya waktu masa tanggap darurat dan warga belum bisa menempati kembali rumahnya, akhirnya tenda sakinah ini diterima oleh semua warga. "Karena ini kan salah satu kebutuhan biologis untuk pasangan suami istri," kata Feri.



(SUR)

Berita Terkait