Pemkab Cianjur Jawab Keluhan Nelayan dengan Program Budidaya Lobster

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri) Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

Cianjur: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat, menyiapkan program budidaya udang lobster untuk nelayan di pantai selatan Cianjur. Program ini menjadi jawaban dari keluhan para nelayan yang tidak punya penghasilan saat cuaca sedang ekstrem. 

Nelayan di pesisir selatan Cianjur kerap mengeluh kepada pemkab terkait minimnya bantuan dan pekerjaan saat tidak bisa melaut. Terutama saat musim paceklik tiba atau cuaca ekstrem. Sehingga, mereka terpaksa menganggur. 

Bupati Cianjur Herman Suherman pun menyiapkan program budidaya udang lobster, setelah pihaknya mendapat informasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan bahwa udang merupakan hasil laut dengan kualitas terbaik dari wilayah selatan.

Baca juga: 71 Perahu Nelayan di Sukabumi Rusak dan Hilang Diterjang Gelombang Tinggi

Dengan kondisi tersebut, peluang untuk menjadi pembudidaya menjadi sangat tinggi. Terutama dengan pemerintah daerah yang siap membantu dan memfasilitasi melalui pengadaan tambak. 

“Banyak potensi yang dapat dikembangkan nelayan di pesisir selatan, terutama di Kecamatan Agrabinta yang terkenal dengan udang laut dan lobsternya terbaik di Indonesia. Pemerintah akan membantu subsidi bunga pinjaman bagi nelayan yang siap menjadi petani budidaya," ujarnya.

Herman menambahkan, penyediaan lahan tambak dapat memanfaatkan tanah pemerintah atau warga dengan menggandeng Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jawa Barat. Sedangkan modal dapat memanfaatkan modal dari bank daerah. 

“Permodalan ada BPR dan LKM, sehingga nelayan yang menjadi petani dapat memanfaatkan modal dari bank daerah. Untuk bunganya akan mendapat subsidi dari pemerintah,” terang Herman, dikutip dari Antara News, Jumat, 15 Juli 2022. 

Baca juga: KKP Canangkan Kampung Perikanan Budidaya Ikan Nila Salin di Karawang

Ketua nelayan di Pantai Lugina-Agrabinta Lukman mengapresiasi program yang dicanangkan pemerintah daerah ini. Ia berharap pelaksanaan program dapat berjalan dengan tepat sasaran. Sehingga benar-benar membantu saat cuaca ekstrem. 

“Kami akan mengikuti selama diberikan kemudahan dalam menjalankan tambak. Termasuk permodalan yang selama ini sulit didapat,” imbuhnya. 



(UWA)

Berita Terkait