Harga Pangan di Cianjur Merangkak Naik, Berikut Daftarnya

Daging sapi. Foto: Media Indonesia Daging sapi. Foto: Media Indonesia

Cianjur: Sejumlah komoditas pangan di Pasar Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga jelang Ramadan 2022. Kenaikan harga disinyalir lantaran permintaan konsumen yang terus meningkat.

Adapun harga komoditas daging sapi semula di kisaran Rp135 per kilogram naik menjadi Rp140 ribu per kilogram. Begitu pula daging ayam yang semula dijual dengan harga Rp37 ribu naik hingga Rp40 ribu per kilogram.

Selain daging, komoditas cabai juga merangkak naik. Cabai merah tanjung, cabai merah TW, dan cabai merah keriting semula dihargai Rp35 ribu hingga Rp45 ribu per kilogram. Sekarang, merata di kisaran Rp50 ribu per kilogram.

Lonjakan harga jauh lebih signifikan untuk cabai rawit domba yang semula Rp50 ribu per kilogram naik menjadi Rp65 ribu per kilogram. "Pada umumnya, hari ini harga berbagai kebutuhan masyarakat di Pasar Cipanas, mudah-mudahan di pasar lainnya juga, relatif stabil menjelang Ramadan," kata Bupati Cianjur, Herman Suherman, dikutip dari Media Indonesia, Kamis, 31 Maret 2022.

Baca: Penyebab Minyak Goreng Curah Langka di Cimahi

Menurut Herman, naiknya berbagai komoditas menjelang Ramadan 2022, karena meningkatnya permintaan. Dia berharap, kenaikan harga berbagai komoditas bisa dikendalikan dan kembali normal.

"Alhamdulillah, komoditas yang lain relatif stabil, seperti beras, telur ayam di kisaran Rp26 ribu per kilogram, kemudian ikan air tawar juga stabil," harap Herman.

Kapolres Cianjur, Ajun Komisaris Besar Doni Hermawan, mengatakan kenaikan harga berbagai komoditas di Pasar Cipanas masih dalam batas wajar. Dia memastikan stok berbagai komoditas di Pasar Cipanas sejauh ini masih mencukupi.

"Jadi masyarakat jangan panik. Tak perlu khawatir karena persediaan mencukupi kebutuhan," terang Doni.



(UWA)

Berita Terkait