BMKG: Waspada Hujan Lebat Guyur Sebagian Besar Wilayah

Seorang warga berjalan melintasi genangan air di Jalan Balaikota Medan, Sumatra Utara. Foto: Antara/Septianda Perdana/wsj/aa. Seorang warga berjalan melintasi genangan air di Jalan Balaikota Medan, Sumatra Utara. Foto: Antara/Septianda Perdana/wsj/aa.

Jakarta: Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia pada Rabu, 23 Februari 2022. BMKG juga mengeluarkan peringatan potensi banjir dan kebakaran hutan.

Dihimpun dari Antara, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang berpeluang turun di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Cuaca serupa juga berpotensi melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca: Angin Puting Beliung Terjang Sukabumi, 9 Rumah Rusak

BMKG juga mengimbau masyarakat sedia siaga menghadapi potensi banjir di Aceh, Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat.

Selain itu, masyarakat perlu mewaspadai potensi banjir di Nusa Tenggara Timur dan Papua, dan potensi kebakaran hutan di Kalimantan Barat.

BMKG meminta masyarakat dan bidang pelayaran untuk mewaspadai gelombang laut setinggi 4-6 meter di Laut Natuna Utara, Perairan Utara Kepulauan Talaud, Samudra Pasifik Utara Halmahera, Samudra Pasifik Utara Papua Barat, Laut Banda, Perairan Sermata-Leti, Perairan Babar-Tanimbar, dan Laut Arafuru.



(UWA)

Berita Terkait