BPBD Garut Pantau Lokasi Longsor di Kecamatan Bungbulang

Hujan deras menyebabkan tanah longsor yang berdampak pada beberapa rumah warga di Kampung Cisurupan, Desa Gunamekar, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Selasa (25/10/2022). (ANTARA/HO Pemerintah Kecamatan Bungbulang) Hujan deras menyebabkan tanah longsor yang berdampak pada beberapa rumah warga di Kampung Cisurupan, Desa Gunamekar, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Selasa (25/10/2022). (ANTARA/HO Pemerintah Kecamatan Bungbulang)

Bencana longsor terjadi di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Selasa, 25 Oktober 2022. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menurunkan petugas untuk mengecek dampak bencana tersebut.

"Tadi malam ada kejadian bencana longsor di Bungbulang. Tim BPBD sudah menuju lokasi untuk melakukan asesmen," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan Bencana BPBD Garut Yogaswara Hilman dikutip dari Antara, Rabu, 26 Oktober 2022.

Bencana tanah longsor terjadi usai hujan mengguyur Kampung Cisurupan, Desa Gunamekar, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Selasa malam. Akibat bencana itu empat rumah rusak.

Beruntung,  tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Camat Bungbulang Budi Sihabudin mengatakan bahwa longsoran tanah telah menimpa empat rumah warga dan mengancam 11 rumah lain di wilayahnya.

Warga bersama aparat pemerintah setempat sudah bekerja bakti membersihkan longsoran tanah di Kampung Cisurupan. "Membersihkan material longsoran secara manual dan untuk sementara menahan longsoran menggunakan bambu secara gotong royong," ujar Budi.

BACA: Rumah Tertimbun Longsor di Sukabumi, 1 Warga Tewas 1 Luka Berat

 



(SUR)

Berita Terkait