Strategi Anies Lawan Korupsi, Salah Satunya Memiskinkan Koruptor

Anies menyampaikan strategi pemberantasan korupsi dengan membuat koruptor jera (Foto: AFP PHOTO/Yasuyoshi Chiba) Anies menyampaikan strategi pemberantasan korupsi dengan membuat koruptor jera (Foto: AFP PHOTO/Yasuyoshi Chiba)

Jakarta: Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengungkap strategi pemberantasan korupsi yang akan diusungnya jika terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.  Strategi untuk memberantas korupsi, terutama pemiskinan pada koruptor. 

Anies menilai undang-undang perampasan harus disahkan. “Dengan undang-undang perampasan aset disahkan dan hukumannya diikuti pemiskinan,” kata Anies dalam Debat Capres Pilpres 2024 yang ditayangkan Medcom.id, Selasa, 12 Desember 2023.

Selain itu, Anies juga akan merevisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengembalikan kekuatan lembaga antirasuah tersebut. Anies juga menggarisbawahi perlunya memberikan penghargaan kepada pihak yang melaporkan praktik korupsi, sebagai bentuk dukungan hukum terhadap partisipasi masyarakat dalam pemberantasan korupsi.

Capres RI nomor urut 1 juga menyoroti pentingnya memasifkan gerakan antikorupsi sebagai bagian dari gerakan bersama seluruh masyarakat. Dalam konteks penguatan lembaga KPK, Anies menegaskan bahwa standar etika bagi pimpinan KPK harus ditingkatkan, menciptakan standar yang tinggi untuk seluruh kepemimpinan KPK.



(SUR)

Berita Terkait