Banjir Bandang Terjang Sumedang, 1 Orang Ditemukan Tewas

Ilustrasi banjir. Medcom.id/M Rizal Ilustrasi banjir. Medcom.id/M Rizal

Dadali: Banjir bandang dan tanah longsor melanda Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Kamis, 25 Maret 2021 sore. Pagi ini, seorang warga pun ditemukan tewas akibat peristiwa tersebut.

Korban yang bernama Mamat Rahmat, 40, ditemukan oleh tim pencarian dan penyelamatan (SAR) dalam keadaan meninggal pada Jumat, 26 Maret 2021 pagi sekitar pukul 05.15 WIB. Korban selanjutnya dievakuasi ke rumah sakit.

"Korban berhasil dievakuasi dan diserahterimakan ke pihak keluarga korban untuk kemudian diteruskan ke RSUD Sumedang," kata Komandan Tim Rescue Kantor SAR Bandung Idham Salasa, Jumat, 26 Maret 2021, seperti dilansir dari Antara.

Banjir diakibatkan oleh intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah tersebut. Berdasarkan laporan warga setempat, korban sedang bekerja di tengah sawah saat banjir itu melanda.

"Korban ditemukan di area pesawahan yang merupakan limpahan dari banjir bandang tersebut, diketahui berdasarkan laporan warga korban saat kejadian tengah bekerja," jelasnya.

Awalnya, petugas gabungan kesulitan untuk menuju lokasi bencana karena harus melewati sungai dan areal pesawahan. Namun, rintangan itu akhirnya bisa dilalui usai petugas membuat jalan untuk memudahkan proses pencarian korban.

"Untuk menuju lokasi harus melewati sungai, pesawahan, serta jembatan terputus sehingga tim harus mengupayakan pembuatan akses tersendiri untuk menuju lokasi evakuasi," papar Idham.



(SYI)

Berita Terkait