Tahun Ini, Jembatan Penghubung Bekasi-Karawang akan Dibangun

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Tahun ini, daerah-daerah di Indonesia berusaha untuk membangkitkan kembali perekonomian akibat pandemi covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk menggairahkan kembali roda perekonomian adalah membangun jembatan penghubung Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang.

Rencananya, jembatan ini akan dibangun di Kecamatan Bojongmangu.”Tahun ini, mudah-mudahan terealisasi sesuai target sebelumnya,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, Rabu, 20 Januari 2021, seperti dilansir dari Antara.

Pembangunan jembatan penghubung tersebut menggunakan anggaran yang berasal dari dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat 2021. Dana yang akan dikeluarkan, yakni sebesar Rp30 miliar dengan bunga nol persen.

"Jadi anggaran provinsi ada Rp60 miliar, kita bagi dua, Rp30 miliar untuk pembangunan kawasan wisata Pantai Bungin dan Rp30 miliar untuk Jembatan Bojongmangu-Karawang. Kita hanya mengerjakan, detail engineering design (DED)-nya sudah disiapkan oleh Pemprov Jawa Barat," ucapnya.

Diharapkan melalui pembangunan Jembatan Bojongmangu-Karawang, perekonomian warga setempat dapat meningkat. Akses ekonomi masyarakat pun akan semakin terbuka dan dapat mempermudah mobilitas warga.

Jembatan yang melintasi Sungai Cibeet ini akan menjadi jembatan keempat penghubung utama wilayah Bekasi-Karawang. Tiga jembatan lainnya yang sudah dibangun, yaitu Jembatan Cabangbungin-Batujaya, Jembatan Pebayuran-Rengasdengklok, dan Jembatan Bojong-Tanjungpura.

Semoga tahun ini Jembatan Bojongmangu-Karawang bisa rampung sesuai dengan target ya! Bagaimana menurut kalian?
 



(SYI)

Berita Terkait