Banjir Bandang Terjang Gunung Mas Puncak, Tidak Ada Korban Jiwa

Bencana kembali terjadi di kawasan wisata kebun teh Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa, 19 Januari 2020. MI/Dede Susanti Bencana kembali terjadi di kawasan wisata kebun teh Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa, 19 Januari 2020. MI/Dede Susanti

Dadali: Kalau sebelumnya kawasan Puncak dilanda tanah longsor, kini banjir bandang terjadi di area pabrik Gunung Mas pada Selasa, 19 Januari 2021 pagi. Camat Cisarua, Deni Humaedi, membenarkan informasi ini. 

Banjir bandang tepatnya menerjang Komplek Gunung Mas Blok C di RT 02/02, Desa Tugu Selatan. “Kejadiannya sekitar pukul 09.30 WIB,” kata Deni, Selasa, 19 November 2021, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Sebanyak 900 jiwa yang terdampak banjir badang sudah dievakuasi. Ratusan orang itu diungsikan ke rumah kerabat dan sebagian ditempatkan di Wisma PTPN VIII Gunung Mas. Kabar baiknya, tidak ditemukan adanya korban jiwa akibat peristiwa tersebut. 

Pemerintah daerah segera mendirikan posko bencana alam untuk memenuhi kebutuhan warga selama mengungsi. Masyarakat juga diimbau untuk tidak datang ke lokasi wisata, terlebih saat curah hujan di Bogor sedang tinggi-tingginya. Sebab, intensitas hujan yang tinggi akan berdampak pada ketahanan tanah.

Bencana ini merupakan kali kedua terjadi di kawasan Puncak pada bulan yang sama. Pada 11 Januari 2021, jalur utama Puncak sempat ditutup selama kurang lebih 10 jam akibat tertutup material longsor. 
 



(SYI)

Berita Terkait