RS Hampir Penuh, Pasien Covid-19 Kota Tasikmalaya Jalani Perawatan Darurat di Ambulans

Ambulans yang membawa pasien Covid-19 mengantre di depan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. MI/Kristiadi Ambulans yang membawa pasien Covid-19 mengantre di depan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. MI/Kristiadi

Dadali: Keterisian tempat tidur rumah sakit di sejumlah wilayah Indonesia sudah mulai penuh, tak terkecuali di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kasus covid-19 di wilayah tersebut. Akibatnya, terdapat pasien covid-19 yang harus menunggu ketersediaan ruang perawatan di RS dan terpaksa menjalani perawatan darurat di ambulans.

Seperti di RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, sejumlah ambulans yang membawa pasien covid-19 terpaksa menunggu di depan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) lantaran pasien belum mendapat ruang perawatan. Petugas medis terpaksa melakukan perawatan di ambulan sambil menunggu masuk ke ruang isolasi.

Baca juga: Pekan Ini, Dua Daerah di Jawa Barat Masuk Zona Merah Covid-19
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, mengatakan tingkat keterisian ruang isolasi di RSUD dr Soekardjo saat ini melebihi 80 persen dan dikhawatirkan terjadi kelebihan kapasitas. Masih ada antrean pasien covid-19 belum masuk ruang isolasi. 

"Karena, pasien yang baru datang tidak bisa ditempatkan begitu saja dengan pasien yang sudah menjalani isolasi supaya tidak terjadi penumpukan pasien. Selain itu, pasien juga harus menunggu hasil tes swab," kata Uus, Kamis, 24 Juni 2021, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.
 
Uus menambahkan, pihaknya juga terus berupaya untuk menambah ruang isolasi di rumah sakit. Pasalnya, selama ini peningkatan kasus covid-19  cukup signifikan dan menyebabkan keterisian ruangan penuh. 

Namun, karena kondisi darurat, terpaksa ada pasien harus menunggu di dalam kendaraan untuk masuk ruang isolasi. 

Baca juga: Wah, Hotel di Bandung Tawarkan Paket Isolasi Mandiri bagi Pasien Covid-19
 
Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, terdapat penambahan sebanyak 75 kasus positif covid-19 pada Kamis, 24 Juni 2021, dengan total 7.972 kasus. Dari jumlah tersebut, 728 orang masih menjalani perawatan, 7.043 orang dinyatakan sembuh, dan 201 orang meninggal dunia. (Kristiadi)



(SYI)

Berita Terkait