Awasi Pergerakan Mudik di Kota Bogor, 15 Ribu Personel Gabungan Diterjunkan

Ilustrasi pemudik. Foto: Istimewa Ilustrasi pemudik. Foto: Istimewa

Dadali: Sebanyak 15 ribu personel gabungan disiagakan untuk mengantisipasi pemudik Lebaran 2021 di Kota Bogor. Pemudik yang keluar maupun masuk ke wilayah setempat bakal ditindak.
 
"Kami sepakat membentuk Satgas Kewaspadaan pemudik dan pendatang di Kota Bogor, 15 ribu petugas akan diturunkan untuk menjaring dan memonitor pergerakan mobilitas yang datang dan keluar wilayah Kota Bogor," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo, di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu, 28 April 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.
 
Susatyo menjelaskan, personel yang bertugas akan memonitor semua pergerakan pemudik hingga tingkat wilayah. Mulai dari tingkat RT hingga kecamatan.

Baca juga: Pemkot Bogor Bentuk Tim Gabungan Awasi Pemudik

Polresta Bogor Kota bersama Pemkot Bogor juga berencana membuat regulasi hukum untuk memberikan sanksi kepada para pelanggar selama masa pelarangan mudik lebaran.

"Sanksi-sanksi akan kita buat dalam sebuah Perwali baru untuk menekan angka pemudik ke Kota Bogor," jelas dia.
 
Aturan ini agar pemberian sanksi dan penindakan terhadap pemudik membandel bisa berjenjang dan terukur sesuai hukum pidana. Pihaknya juga akan melakukan penyekatan pada enam titik lalu lintas kendaraan guna menjaring para pemudik yang nekat.
 
"Ada 6 titik penyekatan dan akan juga ada check point di terminal dan stasiun, termasuk tim mobile yang akan memonitor angkutan gelap," tambahnya. (Rizky Dewantara)



(CIA)

Berita Terkait