Banjir Bandang Terjadi di Cigudeg Bogor, Ribuan Warga Terdampak

Banjir Bandang di Kampung Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Medcom.id/Rizky Dewantara Banjir Bandang di Kampung Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Medcom.id/Rizky Dewantara

Dadali: Banjir bandang melanda Kampung Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akibat meluapnya sungai Cidangder pada Senin, 17 Mei 2021. Sebanyak 1.211 warga terdampak bencana tersebut.
 
"Jumlah korban dihitung dari sembilan RT di empat RW dengan 362 KK (kepala keluarga) yang dilintasi banjir bandang. Bencana ini terjadi akibat meluapnya sungai Cidangder sehingga membuat tanggul jebol," ungkap Bupati Bogor, Ade Yasin, usai meninjau lokasi bencana di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 20 Mei 2021, melansir Medcom.id. 
 
Ade menambahkan, pihaknya telah menyediakan posko kesehatan untuk penanganan korban terdampak. Masing-masing posko diisi tenaga kesehatan untuk membantu warga yang mengalami sakit.

"Untuk tempat tinggal korban terdampak, kami tidak akan merelokasi warga, karena semua masih terkendali dan kondisi kestabilan tanah juga bagus," kata dia.

Baca juga: Minum Air Setelah Makan, Pentingkah?

Ade menjelaskan, meluapnya sungai Cidangder lantaran kawasan tersebut diguyur hujan deras yang cukup lama. Ini membuat tanggul jebol kurang lebih sepanjang lima meter dengan tinggi satu meter.
 
Sehingga air dari sungai Cidangder masuk ke pemukiman warga di Kampung Kedaung Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg. Ade menuturkan bencana banjir bandang ini bukan hanya karena tanggul jebol namun disebabkan juga dengan adanya pendangkalan sungai.
 
"Masalah utamanya adalah di aliran sungai, jadi penanganannya selain memperbaiki tanggul jebol, kita juga akan lakukan pengerukan sungai supaya tidak terjadi lagi sungai Cidangder meluap,” sebut Ade. (Rizky Dewantara)



(CIA)

Berita Terkait