Wagub Jabar Lakukan Salat Gaib untuk Korban Gempa Cianjur di Sumedang

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat melaksanakan salat gaib untuk korban Gempa Cianjur yang meninggal dunia. Salat tersebut berlangsung di sela-sela Rapat Koordinasi Wilayah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Provins Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat melaksanakan salat gaib untuk korban Gempa Cianjur yang meninggal dunia. Salat tersebut berlangsung di sela-sela Rapat Koordinasi Wilayah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Provins

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menggelar salat gaib untuk korban gempa bumi di Cianjur. Kegiatan itu dilakukan untuk mendoakan para korban yang meninggal dunia. 

"Saat ini kita sedang berduka di Jawa Barat, seperti kita tahu di televisi, sekalipun kita tidak semua bisa datang ke sana, Jawa Barat sedang berduka dengan musibah yang terjadi di Kabupaten Cianjur," ungkap Uu dikutip dari Antara, Kamis, 24 November 2022. 

Salat gaib dilaksanakan di Pondok Pesantren Daarul Ma'arifah Kotakaler, Kabupaten Sumedang. Uu ikut serta di sela Rapat Koordinasi Wilayah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Provinsi Jabar.

Uu mengajak masyarakat Jawa Barat melaksanakan salat gaib. Menurut dia, hal itu sebagai bentuk kepedulian atas bencana yang menimpa masyarakat Cianjur.

"Saya selaku pimpinan di Jawa Barat, memohon kepada masyarakat Jawa  Barat untuk melaksanakan salat gaib, mendoakan para almarhum dan almarhumah dengan harapan semuanya ada dalam keadaan husnul khatimah dan diterima iman Islamnya," ucap dia.

Dia menyebut pihaknya juga telah mengirimkan bantuan berupa makanan, matras, selimut, pakaian dan tenda kepada korban bencana gempa di Cianjur. Dia mengajak masyarakat Jabar untuk turut serta membantu korban yang tertimpa musibah.

Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) yang melanda Cianjur pada Senin, 21 November 2022 lalu mengakibatkan 271 korban meninggal dunia. Sementara, sebanyak 2.043 orang mengalami luka-luka.

Adapun salat gaib adalah salat yang dilaksanakan tanpa ada tubuh jenazah di tempat pelaksanaan salat. Ibadah itu dilakukan untuk mendoakan jenazah.

Baca Juga: Ratusan Personel SAR Dikerahkan Cari Korban Hilang Gempa Cianjur



(SUR)

Berita Terkait