Ratusan Personel SAR Dikerahkan Cari Korban Hilang Gempa Cianjur

Sejumlah personel Tim SAR bersiap melakukan pencarian di Posko SAR Cijedil, Desa Cijedil, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). (ANTARA/HO-Kantor SAR Bandung) Sejumlah personel Tim SAR bersiap melakukan pencarian di Posko SAR Cijedil, Desa Cijedil, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). (ANTARA/HO-Kantor SAR Bandung)

Tim SAR gabungan mengerahkan ratusan personel untuk mencari 40 korban hilang akibat gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Senin, 21 November 2022. Pencarian dilakukan dengan membagi tim di dua lokasi yang berada di Kecamatan Cugenang.

"Tim SAR Gabungan telah melaksanakan briefing kekuatan personel, SOP, dan petunjuk kerja di Posko SAR Gabungan yang terletak di Desa Cijedil," kata kepala Kantor SAR Bandung Jumaril, dikutip dari Antara, Kamis, 24 November 2022.

Pencarian dilakukan di Desa Cijedil dan kawasan sekitar Warung Sate Sinta. Upaya pencarian di masing-masing lokasi akan dibagi ke dalam dua sif.

Sebanyak 147 personel dan empat personel life detector akan melakukan pencarian pada sif pertama di Desa Cijedil. Sementara pada sif kedua, pencarian dilakukan oleh 149 personel dan empat anjing pelacak.

Pembagian sif juga diterapkan pada upaya pencarian di kawasan Warung Sate Sinta. Sebanyak 153 personel dan lima anjing pelacak akan diterjunkan untuk pencarian korban pada sif pertama. Sedangkan pada sif kedua, pencarian dilakukan oleh 157 personel dan empat personel life detector.

Korban yang berhasil ditemukan akan dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur menggunakan ambulans desa.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  mencatat saat ini terdapat 271 korban jiwa akibat gempa berkekuatan 5,6 skala richter (SR) yang melanda Cianjur. Sementara korban luka-luka berjumlah 2.043 orang.

Baca Juga: Sejumlah Polisi Wanita Hibur Anak-anak Korban Gempa Cianjur

 



(SUR)

Berita Terkait