Hore, Lebih dari 60% RT di Depok Sudah Zona Hijau

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Sebanyak 3.521 rukun tetangga (RT) atau 66,55 persen dari total 5.291 RT di Depok, Jawa Barat, telah berada di zona hijau. Data tersebut berdasarkan peta zonasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Terjadi kenaikan jumlah RT di zona hijau. Sementara RT zona merah, oranye, dan kuning mengalami penurunan," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, melansir Antara, Jumat, 20 Agustus 2021.

Dadang menyebut lingkungan RT di zona kuning terdapat 1.508 atau 20,50%. Sementara lingkungan RT zona oranye sebanyak 244 atau 4,61%, dan zona merah sebanyak 18 atau 0,34%.

Menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmedagri) tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di tingkat desa dan kelurahan, lingkungan RT dikategorikan berada di zona hijau jika tanpa kasus covid-19. Serta digolongkan berada di zona kuning kalau ada satu sampai dua rumah dengan kasus covid-19.

Baca: Keputusan Childfree Menuai Kontroversi, Apa Untung dan Ruginya?

Angka kasus penularan virus corona di Kota Depok terus menurun. Dadang menjelaskan bahwa secara keseluruhan wilayah Kota Depok berada di zona oranye atau zona dengan risiko penularan covid-19 sedang.

Selama enam pekan sebelumnya, Kota Depok berada di zona merah atau zona dengan risiko tinggi penularan covid-19.



(RAO)

Berita Terkait