Berstatus PPKM Level 2, 6 Daerah di Jabar Ini Siap Gelar PTM

Ilustrasi. Foto: Dok Antara Ilustrasi. Foto: Dok Antara

Dadali:  Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika mengatakan sudah ada enam daerah dengan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 di wilayah setempat. Enam daerah itu siap membuka kembali pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.
 
"Alhamdulillah di Jabar ada penambahan daerah yang masuk level 2, yaitu Cianjur dan Sukabumi. Sekarang jadi enam daerah yang masuk level 2," kata Dewi Sartika di Bandung, Rabu, 1 September 2021.
 
Melansir Medcom.id, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 tahun 2021, enam daerah itu adalah Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Indramayu, Majalengka, dan tambahan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.

"Karena dalam perpanjangan PPKM sebelumnya berada di zona merah, sehingga kini Jabar tidak memiliki daerah dengan regulasi PPKM Level 4," ujarnya.
 
Sementara masih ada 21 kabupaten/kota lainnya berada di level 3 atau zona oranye risiko sedang. Dalam surat Instruksi Mendagri tersebut, daerah harus menjalankan kewaspadaan sesuai level daerah masing-masing.

Baca juga: Mulai Besok PTM di Kota Bekasi Bakal Dibuka
 
"Salah satunya soal pelaksanaan PTM. Daerah yang berada di level 3 sekarang diizinkan menyelenggarakan PTM dengan pembatasan kapasitas siswa 50 persen dan tentu dengan penerapan protokol kesehatan lainnya,” katanya.
 
Dewi juga menjelaskan kegiatan sektor non esensial dalam PPKM kali ini masih harus menerapkan 100 persen work from home (WFH). Sedangkan, di sektor esensial bisa menerapkan 25 hingga 50 persen dari kapasitas kantor.
 
PTM dapat kembali dilaksanakan tidak lepas dari tren positif Jabar terus yang terus berlanjut. Selain tingkat keterisian tempat tidur pasien di rumah sakit rujukan covid-19 yang sudah menyentuh 17,1 persen, tingkat kesembuhan juga naik signifikan.

 



(NAI)

Berita Terkait