Seluruh RS di Cirebon Diminta Rapatkan Barisan Tampung Lonjakan Kasus Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Neneng Hasanah memberi keterangan kepada media di Cirebon, Jawa Barat. (ANTARA/Khaerul Izan) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Neneng Hasanah memberi keterangan kepada media di Cirebon, Jawa Barat. (ANTARA/Khaerul Izan)

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mempersiapkan seluruh rumah sakit di daerah itu untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

"Seluruh rumah sakit yang ada di Kabupaten Cirebon kami minta semua siap untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19," kata Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Neneng Hasanah dikutip dari Antara, Kamis 17 November 2022.

Neneng mengatakan terdapat 11 rumah sakit di Kabupaten Cirebon yang disiapkan, baik milik pemerintah maupun swasta. Seluruh Rumah Sakit itu diharapkan dapat menampung pasien bila terjadi lonjakan kasus covid-19.

Ia mengakui ada beberapa rumah sakit yang sudah menutup layanan perawatan bagi pasien covid-19, apalagi dalam beberapa bulan terakhir kasus melandai.

Namun, Dinkes Kabupaten Cirebon langsung menginstruksikan semua RS kembali mengaktifkan layanan tersebut semenjak naiknya kasus covid-19 di daerah itu.

"Kami telah meminta 11 rumah sakit di Kabupaten Cirebon untuk membuka kembali layanan perawatan pasien covid-19," ujar Neneng.

 Neneng mengatakan saat ini terdapat 114 warga di Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif covid-19. Dari jumlah tersebut terdapat 54 pasien yang dirawat di rumah sakit.

"Jika kasus covid-19 melonjak, maka tidak menutup kemungkinan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit juga meningkat," ucap Neneng.

Neneng mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Dia mengatakan lonjakan kasus covid-19 diprediksi berlangsung hingga akhir tahun ini.

"Kami mengimbau masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan, minimal mengenakan masker ketika di luar rumah," tutur Neneng.

Baca Juga: Tambahan Hampir 200 Kasus Per Hari, Warga Bandung Diminta Tetap Waspada Covid-19



(SUR)

Berita Terkait