Gawat! Keterisian Ruang Isolasi Covid-19 di Indramayu Capai 90%

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Ruang isolasi khusus pasien covid-19 di Kabupaten Indramayau, Jawa Barat, kini hanya tersisa 10 persen. Keterisian ruang isolasi yang mencapai 90 persen itu dikarenakan kasus covid-19 di Kabupaten Indramayu terus meningkat.

"Ketersediaan tempat tidur untuk pasien covid-19 di seluruh rumah sakit sudah mencapai 90 persen," kata Deden di Indramayu, Jawa Barat, Senin, 14 Juni 2021, seperti dilansir dari Antara

Dari total 226 tempat tidur yang tersedia di seluruh rumah sakit di Kabupaten Indramayu, 203 tempat tidur di antaranya telah terisi pasien covid-19. Rumah sakit yang menjadi rujukan pasien covid-19 di sana meliputi RSUD MA Sentot, RS Pertamina Balongam RSUD Indramayu, dan RS Bhayangkara. Kini, keterisian tempat tidur di seluruh rumah sakit itu sudah hampir penuh.

"Untuk RSUD Indramayu bahkan sudah penuh, namun akan kita tambah lagi," ujarnya.
 
Sebagai langkah antisipasi keterbatasan ketersediaan tempat tidur, Satgas Covid-19 meminta seluruh rumah sakit menambah kapasitas rawat hingga 30 persen dari jumlah normal.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Purwakarta Naik, Apa Penyebabnya?
 
Deden menambahkan, melonjaknya angka pasien covid-19 disebabkan beberapa faktor. Antara lain banyaknya kerumunan dan hiburan, serta kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kepatuhan penerapan protokol kesehatan.
 
"Yang paling membahayakan saat ini adalah ketidakpedulian masyarakat terhadap bahaya covid-19. Mereka abai, jadi sangat tidak peduli soal covid-19," katanya.



(SYI)

Berita Terkait